https://tik.ft.unm.ac.id/bni4d/ https://tik.ft.unm.ac.id/shopify/slot888/

DOSEN MENULIS, MAKA DOSEN ITU ADA

By: Admin | Diposkan pada: 02-05-2019

Tiga dosen Fakultas Agama Islam Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (FAI UCY) mengikuti kegiatan Pelatihan Writing Skill bagi Dosen PTKIS Kopertais Wilayah III Daerah Istimewa Yogyakarta di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Senin-Selasa (29-30/4/19). Ketiganya adalah Agung Prihantoro, S.Pd., M.Pd. (Program Studi Pendidikan Agama Islam), Cipto Sembodo, S.Ag., M.A., (Program Studi Ahwal Syakhshiyah) dan M. Nur Kholis Al Amin, S.H., M.H.I. (Program Studi Ahwal Syakhshiyah).

Narasumber dalam pelatihan ini adalah Dr. Hisyam Zaini, M.A. (dosen Fakultas Adab Sunan Kalijaga), Dr. Yoyo, M.A. (dosen FAI UAD), Muhammad Syifa Amin Widigdo, S.Ag., Ph.D. (dosen Fai UMY), dan Saptoni, S.Ag., M.A. (dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga).

Pelatihan ini bertujuan untuk melatih dan memfasilitasi dosen-dosen di perguruan tinggi keagamaan Islam swasta di DIY menulis artikel di jurnal ilmiah. Sebagaimana diketahui, meneliti dan menulis hasil penelitian sebagai artikel di jurnal ilmiah merupakan bagian dari Tridarma perguruan tinggi. Dengan perkataan lain, menulis artikel ilmiah merupakan salah satu tugas pokok dosen.

Selaras dengan ungkapan filsuf Prancis Descartes “Aku berpikir, maka aku ada”, dosen menulis, maka dosen itu ada. Jikalau manusia tidak berpikir, tiadalah eksistensi manusia itu. Jikalau dosen tidak menulis, tiadalah eksistensi dosen itu.

Partisipasi tiga dosen FAI UCY dalam pelatihan ini meningkatkan eksistensi dosen dan Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Ahwal Syakhshiyah FAI UCY.[] AGP