https://tik.ft.unm.ac.id/bni4d/ https://tik.ft.unm.ac.id/shopify/slot888/

FAI UCY MENYONGSONG APS 4.0

By: Admin | Diposkan pada: 07-05-2019

Dosen-dosen Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Ahwal Syakhshiyah (AS) Fakultas Agama Islam Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (FAI UCY) mengikuti Pelatihan Penyusunan Laporan Kinerja Program Studi (LKPPS) dan Laporan Eva Diri (LED) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UCY di Auditorium UCY, Selasa (7/5/19).

Dosen-dosen tersebut antara adalah Drs. Hilman Haroen Putra, M.Pi., Drs. Taufik Nugroho, M.Ag., Dra. Difla Nadjih, M.S., Drs. Muhammad Nasrudin, M.Ag., Agung Prihantoro, S.Pd., M.Pd., Fattah Setiawan, S.Ag., M.Ag., dan Cipto Sembodo, S.Ag.

Saat ini, peringkat akreditasi Program Studi PAI FAI UCY adalah “B” sebagaimana tertuang dalam SK Nomor 1182/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2016. Masa berlakunya sampai tanggal 21 Juli 2021.

Sama halnya, peringkat akreditasi Program Studi AS FAI UCY juga “B” berdasarkan SK Nomor 2595/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2016. Masa berlakunya sampai 3 November 2021.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk menyiapkan program-program studi dalam melakukan akreditasi dengan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0. Sebagaimana diketahui, instrumen ini berbeda dengan instrumen akreditasi sebelumnya. IAPS 4.0 menggunakan 9 kriteria, sedangkan instrumen sebelumnya memakai 7 standar. Acara ini juga diikuti oleh dosen-dosen dari program-program studi lain di UCY.

Ketua LPM UCY Drs. Taufik Nugroho, M.Ag. mengatakan, “Pelatihan ini bertujuan agar pengelola fakultas dan pengelola program studi paradigma laporan evaluasi diri dan laporan kinerja instrumen akreditasi berbasis outcome. Paradigma lama berbasis pada output, sedangkan paradigma baru berbasis outcome. Contoh output pada mahasiswa adalah indeks prestasi. Outcome-nya serapan lulusan di dunia kerja.”

“Pada dosen, outcome-nya berupa publikasi karyanya atau pemanfaataanya di masyarakat. Dulu cukup output, yakni karya yang tidak mesti dipublikasikan,” imbuh Taufik Nugroho.

Sementara itu, Wakil Rektor III UCY Drs. Muhammad Nasrudin, M.Ag. dalam sambutannya menegaskan, “Dengan pelatihan ini, program-program studi bisa menyiapkan diri secara lebih baik. Terutama data-datanya.”

Selanjutnya, Dr. Karwadi, S.Ag., M.Ag., dosen Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai narasumbernya, menyatakan, “Pastikan bahwa laporan evaluasi diri yang disusun punya distingsi minimal 75 persen dari keseluruhan informasi.”

“Untuk semua kegiatan, ending-nya adalah outcome. Tuntutannya satu level di atas yang selama ini kita jalani,” lanjut Karwadi ihwal IAPS 4.0.

Dengan pelatihan ini, harapannya Program-program Studi PAI dan AS FAI UCY siap menyongsong Akreditasi Program Studi 4.0.[] AGP