https://tik.ft.unm.ac.id/bni4d/ https://tik.ft.unm.ac.id/shopify/slot888/

Mahasiswa UCY Peduli Sesama di Bulan Ramadhan

By: Admin | Diposkan pada: 30-06-2020

Ramadhan dengan suasana yang berbeda dirasakan pada Ramadhan 2020, karena banyak aktifitas ibadah yang hanya dapat dilakukan di dalam rumah masing-masing. Kegiatan yang biasanya dapat dilakukan dalam kebersamaan terpaksa dilakukan secara pribadi karena adanya peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Pemerintah DI Yogyakarta. Peraturan PSBB ini membatasi masyarakat untuk melakukan kegiatan bersama dengan tujuan mengurangi resiko adanya penyebaran virus Covid-19 dan memberikan rasa aman kepada masyarakat agar tetap dapat melaksanakan ibadah dengan nyaman.

 

 

Namun adanya keterbatasan aktifitas di luar rumah, tidak membatasi Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) khususnya Mahasiswa Fakultas KIP untuk melaksanakan kegiatan amal dan membantu masyarakat yang kurang mampu. Salah satu aktifitas amal yang dilakukan oleh Mahasiswa FKIP UCY ini adalah berbagi menu buka puasa pada masyarakat kurang mampu yang terdampak wabah Covid-19, diantaranya tukang becak, pedagang keliling dan pedagang kaki lima yang masih melakukan aktifitas di tengah peraturan PSBB.

Masih di kawasan Yogyakarta, Mahasiswa FKIP UCY membagikan menu buka puasa selama 2 hari yaitu pada tanggal 7 dan 13 April 2020. Berawal dengan niat beramal dalam bulan yang suci, kegiatan berbagi Mahasiswa FKIP UCY ini memberikan dampak yang besar bagi masyarakat yang kurang mampu dan masih harus berjuang ditengah wabah yang mengancam kesehatan mereka. Selain berbagi menu buka puasa, Mahasiswa FKIP UCY ini juga berbagi sembako ke Panti Asuhan Khoiru Nisa yang berada di daerah Brebah, Sleman, DI Yogyakarta. Rasa syukur dan kebahagiaan bukan hanya terpancar dari raut muka mereka yang menerima bantuan, namun juga terpancar dari Mahasiswa FKIP UCY.

Suasana yang berbeda dalam Ramadhan kali ini memang memberikan pengaruh besar dalam pelaksanaan ibadah secara massal. Akan tetapi dalam kegiatan ibadah yang dapat dilakukan secara pribadi atau mandiri dan dalam kelompok kecil, wabah Covid-19 ini tidak menjadi penghalang. Berbagi kepada masyarakat yang kurang mampu merupakan salah satu kegiatan yang perlu dilakukan, bukan hanya pada bulan Ramadhan tetapi juga di bulan-bulan yang lain. Dimulai pada bulan yang Suci, membantu sesama dan menciptakan kebahagiaan bagi orang lain merupakan kegiatan yang patut dilaksanakan secara berkala seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa FKIP UCY.