https://tik.ft.unm.ac.id/bni4d/ https://tik.ft.unm.ac.id/shopify/slot888/

MENELADANI GURU BANGSA HOS COKROAMINOTO

By: Admin | Diposkan pada: 17-05-2019

Dewan Mahasiswa Fakulas Agama Islam Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (Dema FAI UCY) menyelenggarakan ziarah ke makam Guru Bangsa Hadji Oemar Said Cokroaminoto di Makam Kuncen Lama Yogyakarta, Rabu sore (15/5/19), yang bertepatan dengan 10 Ramadhan 1440. Ziarah ini diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa FAI dan fakultas-fakultas lain di lingkungan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta.

Ziarah ini dimaksudkan untuk mengenang hari wafat HOS Cokroaminoto 10 Ramadhan 1353 (17 Desember 1934). Sebagaimana kita ketahui, Cokroaminoto meninggal dunia di Yogyakarta pada umur 51 tahun. Pahlawan Nasional ini lahir pada 16 Agustus 1882 di Ponorogo, Jawa Timur.

“Acara ziarah ini bertujuan untuk mengenang, mendoakan dan meneladani HOS Cokroaminoto sebagai guru bangsa. Kami sebagai mahasiswa Universitas Cokroaminoto Yogyakarta harus mengetahui dan meneladani sepak terjang beliau,” kata Ketua Dema FAI UCY Tri Muslikhah.


“Awalnya, ide acara ini dilontarkan oleh Wakil Ketua Dema FAI UCY Muhammad Agus Maulana dan kemudian didiskusikan bersama teman-teman lain,” imbuh Tri Muslikhah.


Acaranya dilanjutkan dengan diskusi tentang sejarah perjuangan HOS Cokroaminoto pada Rabu malam di Masjid Saebani Kampus UCY. Diskusi ini dipandu oleh Heri Kurnia, S.Pd., M.Pd., dosen Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UCY.


“Acara ziarah dan diskusi ini sangat tepat, apalagi pada saat sekarang. Kami sebagai mahasiswa jadi lebih mengerti, menghayati dan lebih bersemangat untuk meneladani perjuangan Pak Cokroaminoto,” tegas Nadia Novikasari, mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UCY.[] AGP