https://tik.ft.unm.ac.id/bni4d/ https://tik.ft.unm.ac.id/shopify/slot888/

MENULIS UNTUK MENJAGA “ROH” AKADEMIS

By: Admin | Diposkan pada: 22-05-2019

Perpustakaan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) menyelenggarakan kegiatan “Kelas Menulis” dengan narasumber, M. Nur Kholis Al Amin, S.H.I., M.H.I., dosen dan penulis buku, di ruang Perpustakaan UCY, Rabu (22/5/19). Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjaga “roh” kehidupan akademis dosen dan mahasiswa. Kegiatan tersebut diikuti oleh para mahasiswa dan dosen dari UCY dan kampus lain di Yogyakarta.

M. Nur Kholis Al Amin merupakan dosen Program Studi Ahwal Syakhshiyah Fakultas Agama Islam Cokroaminoto. Beliau telah menulis empat buku, yakni Intervensi Orang Tua dalam Kehidupan Rumah Tangga Anak: Dalam Islam Bolehkah? (2016), Dahsyatnya Perjalanan Kehidupan Manusia (2017), Kamuflase Dosa (2017), dan Kutambatkan Hatiku pada-Mu: Jalan Kebahagian Para Sufi (2018).

“Ciri khas akademisi adalah menghasilkan karya. Salah satu bentuk karyanya adalah karya tulis,” kata Pak Amin, sapaan akrabnya.

“Kapan kita mulai menulis? Perlu trik-trik. Kita harus banyak membaca informasi. Terbiasa membaca. Kita juga perlu memahami metodologi penelitian. Penuh improvisasi, satu topik bisa dikembangkan jadi tulisan utuh yang kaya,” lanjut Pak Amin.

Kemudian, Pak Amin menjelaskan secara detail kiat-kiat untuk menulis. Bahasa formal sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) tidak boleh ditinggalkan. Gaya selingkung jurnal wajib diperhatikan kalau penulis akan mengirimkan tulisannya ke jurnal yang dituju. Dengan perkataan lain, substansi dan teknis penulisan yang ditetapkan oleh setiap institusi mesti diindahkan.

Agar tulisannya berkualitas, penulis harus menguasai tema dan banyak membaca serta memahami metodologi penelitian. Artinya, referensinya yang sesuai dengan tema mesti cukup. Semua ini didukung dengan data-data berdasarkan fakta.

Pak Amin juga berpesan kepada mahasiswa yang sedang menulis skripsi. “Selesaikanlah skripsi tepat waktu. Praktikkan trik-trik di atas,” pungkasnya.[] AGP