https://tik.ft.unm.ac.id/bni4d/ https://tik.ft.unm.ac.id/shopify/slot888/

75% DIPANGGIL WAWANCARA KARENA CV PLUS

By: Admin | Diposkan pada: 02-05-2019

Yogyakarta—Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Ahwal Syakhshiyah (AS) Fakultas Agama Islam Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (FAI UCY) menghelat acara “Studium General dan Pelatihan Marketing: Kiat Sukses Studi dan Sukses Dunia Kerja” di Auditorium UCY, Sabtu (27/4/19). Dalam acara ini, panitia menghadirkan narasumber Budi Gunarta, owner PT Top Quality Service dan PT Unggul Utama Supplier Bogor.

Budi Gunarta menyampaikan kiat-kiat agar mahasiswa sukses dalam studi dan kelak dalam bekerja. “Tujuh puluh lima persen Anda dipanggil karena kualitas curriculum vitae (CV) Anda. Ada nilai plus dibanding CV lain. Beri penekanan dengan garis bawah, bold dan lain-lain pada kalimat atau kata yang dianggap penting. Display CV yang menarik menunjukkan kemampuan komputer Anda,” paparnya.

Untuk menulis CV yang menarik dan bagus, lanjut Budi Gunarta, pelamar kerja harus memiliki banyak pengalaman dan keterampilan. Pengalaman dan keterampilan ini sebaiknya dimiliki sejak mahasiswa duduk di bangku kuliah. Artinya, para mahasiswa semestinya tidak hanya kuliah, tetapi juga mencari pengalaman kerja dan organisasi serta mempelajari banyak keterampilan.

“Latihlah kemampuan komunikasi, keterampilan-keterampilan marketing, computer trouble shooting, nyopir, bahasa Inggris, menulis,” lanjut Budi Gunarta, yang merupakan alumnus Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Gadjah Mada.

“Selain itu, Anda juga perlu berlatih untuk bertindak jujur, gesit dan semangat. Adaptif, inisiatif, mudah dimintai tolong, dan belajar menghadapi tekanan kerja,” imbuhnya.

Sebelumnya, Dekan FAI UCY Drs. Hilman Haroen Putra, M.Pi. memberikan sambutan dan membuka acara. Hilman Haroen Putra mengatakan, “Orang yang ditinggikan derajatnya menurut ayat yang dibacakan qari tadi hanya dua, yaitu orang-orang yang beriman dan berilmu. Kampuslah tempat untuk meningkatkan iman dan mencari ilmu guna menghadapi dunia kerja dan menyiapkan kehidupan akhirat.”

Pada sesi berikutnya, Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Agung Prihantoro, S.Pd., M.Pd. memberikan pelatihan marketing. Para mahasiswa diajak untuk mengaplikasikan paparan Budi Gunarta dan untuk menjadi agen marketing UCY.

Acara ini diikuti oleh mahasiswa dan dosen. Mahasiswa-mahasiswa dan dosen-dosen dari FAI UCY dan fakultas-fakultas lain di lingkungan UCY menyimak acara ini dengan antusias sampai selesai.[]