https://tik.ft.unm.ac.id/bni4d/ https://tik.ft.unm.ac.id/shopify/slot888/

UCY : Bergerak Maju Bersama Generasi Baru

By: Admin | Diposkan pada: 15-06-2020

Masa Orientasi Pegawai Baru UCY (Ket Gambar). Di dalam instansi, perekrutan pegawai baru merupakan suatu keniscayaan supaya kehidupan suatu lembaga tetap berlangsung. Setiap pegawai baru, diberikan masa orientasi yang bertujuan untuk mengenalkan lingkungan tempat bekerja dan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sebagai kewajiban utama yang akan dilakukan.

Selain itu, dalam masa orientasi inilah pegawai baru juga dikenalkan kepada latar belakang instansi agar pegawai baru dapat melakukan tugas dengan baik agar dapat mencapai target yang diharapkan.

Masa orientasi pegawai baru Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) dikemas dalam beberapa sesi yang menarik dan menghadirkan jajaran pimpinan UCY sebagai pembicara. Bertempat di Kampus UCY kegiatan orientasi ini diisi untuk mengenalkan dan memberikan pemahaman kepada pegawai baru terkait Visi dan Misi Universitas, hak dan kewajiban dalam pekerjaan, rencana pengembangan kampus, serta budaya kerja yang baik. Salah satu pengisi materi adalah Ciptasari Prabawati, S.Psi., M.Sc., Ph.D selaku Rektor UCY yang sekaligus membuka kegiatan orientasi pegawai baru pada hari Selasa, 9 Juni 2020.

Diawali dengan penyampaian Visi dan Misi UCY, sambutan Rektor juga diisi dengan penyampaian motivasi untuk seluruh pegawai baru agar dapat bergabung menjadi pelopor kemajuan UCY dalam menciptakan budaya serta sistem kerja yang lebih baik sebagai salah satu upaya menjadikan UCY sebagai Universitas yang dapat bersaing di era digital. Tekun, optimis, saling menolong, ramah dan mau bekerja sama adalah inti dari materi yang disampaikan kepada pegawai baru agar dapat memberikan pelayanan prima dan membagikan energi positif bagi kemajuan UCY yang sesuai dengan visinya, yaitu menjadi Universitas yang Terkemuka, Islami, Berjiwa Kebangsaan dan Berwawasan Global.

Paryanto S.Ag, M.IP selaku Wakil Rektor I UCY memberikan materi pada sesi terakhir orientasi pegawai baru pada hari Kamis, 11 Juni 2020. Materi terkait trilogi UCY yaitu “sebersih-bersihnya tauhid, setinggi-tingginya ilmu, dan sepintar-pintarnya siasat” disampaikan oleh beliau untuk menunjang rasa kecintaan terhadap pekerjaan menjadi pegawai yang bekerja dalam lingkungan akademik. Sebersih-bersih Tauhid, yang diharapkan seluruh civitas akademika memiliki akidah yang bersih dan percaya pada satu Tuhan. Setinggi-tinggi Ilmu, yang diharapkan seluruh civitas akademika memperoleh ilmu yang tinggi dan bermanfaat. Sepintar-pintar Siasat, yang diharapkan seluruh civitas akademika memiliki kemampuan dan berbagai macam strategi dalam memecahkan suatu masalah.

Berpegang teguh pada trilogi tersebut, diharapkan seluruh pegawai UCY baik pegawai lama dan pegawai baru khususnya dapat bersama-sama menuju perwujudan Visi dan Misi kampus. Beliau menginginkan kampus UCY sebagai kampus yang menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman. Walaupun memiliki mahasiswa non muslim namun UCY sebagai kampus yang memiliki latar belakang Islami tetap meberikan materi baca tulis Al-Quran sebagai tujuan memurnikan tauhid bagi mahasiswa muslim dan sebagai media belajar dan mengenalkan Islam kepada mahasiswa non-muslim.

Tak lupa beliau juga menyampaikan sebagai generasi baru di UCY, pegawai baru yang dianggap juga sebagai generasi milenial diharapkan dapat membantu UCY dalam menghadapi persaingan yang ketat untuk memulihkan nama kampus yang dulu sempat berkibar sebagai kampus swasta terbesar di Yogyakarta. “Inilah waktunya kampus UCY untuk berubah ke arah yang lebih baik, memiliki kebiasaan yang berlandaskan keislaman, memiliki staf dan dosen yang berkualitas mencakup sifat jujur, amanah, tabligh, dan fatonah. Jadilah lebah yang bisa tinggal dimana saja, menyerap yang baik dan menghasilkan yang baik pula sehingga mempunyai dorongan untuk berprestasi, berkomitmen, inisiatif, dan optimis.” papar Paryanto.

 

(DFD, JA)