https://tik.ft.unm.ac.id/bni4d/ https://tik.ft.unm.ac.id/shopify/slot888/

UCY Hadapi New Normal dengan Kolaborasikan Aspek Ekonomi dan Pendidikan

By: Admin | Diposkan pada: 01-07-2020

Menjalankan fungsi sebagai lembaga pendidikan menuju era New Normal di tengah wabah Covid-19, Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) melakukan beberapa upaya yang harus diterapkan dengan sigap dan dalam kurun waktu yang singkat. Persiapan yang singkat, bukan menjadi halangan untuk seluruh civitas akademik UCY dalam melaksanakan kegiatan akademik dan pelayanan non akademik. Ciptasari Prabawati, S.Psi., M.Sc., Ph.D. selaku Rektor UCY mengupayakan agar seluruh civitas akademik UCY siap menghadapi masalah baru yang akan timbul dalam era baru atau New Normal melalui pemberian wawasan atau pengetahuan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya yang dilakukan adalah digelarnya webinar dengan tema “Prospek Ekonomi dan Dunia Usaha di Era New Normal : Reorientasi Kebijakan Perguruan Tinggi”.

Webinar yang diselenggarakan secara nasional ini diadakan pada hari Rabu, 20 Mei 2020 dengan menghadirkan 3 (tiga) Narasumber. Narasumber pertama yaitu Sapto Amal Damandari selaku Komisaris Utama Jasa Marga, mengungkapkan bahwa mencipatakan SOP baru dalam era baru nanti adalah kata kunci dalam hadapi era New Normal. Skill menjadi salah satu poin penting yang harus dikembangkan oleh mahasiswa, bukan hanya ijazah namun sertifikat yang menerangkan skill juga perlu dimiliki dalam menghadapi era baru. Hal serupa juga disampaikan oleh seorang pengusaha nasional dan Ketua KEIN 2014-2019, Soetrisno Bachir yang menjadi narasumber kedua. Menciptakan sistem belajar yang baru dengan menyesuaikan situasi dan hal-hal yang diperlukan namun tetap selaras dengan kuriulum dan visi misi Universitas, harus dirancang kembali oleh dosen ataupun civitas akademik lainnya dan harus segara diaplikasikan dalam menghapi era baru.

Perkembangan teknologi yang cukup pesat dalam situasi saat ini, mengharuskan adanya trik baru yang dapat dijalankan sebagai cara untuk dapat bertahan serta menciptakan enterpreneur dalam Perguruan Tinggi yang dapat menunjang dan dapat mengelola dengan baik perkembangan Univeritas. Selain itu diungkapkan oleh Prof. Dr. Zainudin Maliki, M.Si. sebagai Narasumber ketiga dalam webinar, Universitas harus mampu menciptakan generasi yang memiliki kemampuan memecahkan masalah, mampu mengakses dan menganalisis informasi, melakukan komunikasi oral dan literal, memperkaya imajinasi dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Seluruh Perguruan Tinggi, termasuk UCY harus mampu membentuk tenaga yang siap kerja, daripada mengejar materi yang hanya sesuai dengan kurikulum namun belum cukup sebagai bekal menghadapi era baru.

Pada akhirnya, poin penting dan kunci dalam menghadapi era baru atau New Normal di tengah wabah Covid-19 adalah menciptakan generasi yang memiliki skill dan siap kerja, serta memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat. Fungsi kegiatan akademik, bukan lagi hanya sebagai sarana mengerjar gelar atau ijazah namun juga membentuk skill yang lebih dibutuhkan untuk dapat tanggap mengembangkan potensi di berbagai bidang, khususnya dunia usaha dan ekonomi agar terwujud keberhasilan dalam menghadapi era baru atau New Normal.