https://tik.ft.unm.ac.id/bni4d/ https://tik.ft.unm.ac.id/shopify/slot888/

Taati Protokol Kesehatan, UCY Siapkan Tempat Cuci Tangan Otomatis

By: Admin | Diposkan pada: 30-06-2020

Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang sukses melaksanakan kuliah dengan system online selama adanya wabah Covid-19. Kegiatan yang berkaitan dengan perkuliahan dan ujian telah berhasil dilaksanakan walaupun dengan keterbatasan yang dirasakan oleh beberapa Mahasiswa yang berada di daerah dengan akses internet yang kurang baik. Kegiatan yang dilakukan secara online ini juga dirasakan oleh Staf yang menunjang kegiatan akademik dalam lingkungan Universitas. Beberapa pelayanan telah dilaksanakan secara online, namun masih ada juga pelayanan yang dilakukan secara offline.

Pelayanan yang menunjang pelaksanaan perkuliahan dan kegiatan akademik lain di UCY dilaksanakan seperti hari-hari biasa sebelum adanya wabah Covid-19. Protokol kesehatan tentunya menjadi perhatian utama Pimpinan UCY dan seluruh staf yang masih melaksanakan kegiatan pelayanan offline  di UCY. Sesuai dengan protokol yang dikeluarkan oleh pemerintah, yakni menjaga kesehatan dan kebersihan, tidak menyetuh wajah, menggunakan masker, menjaga jarak, dan menerapkan etika bersin ataupun batuk wajib dilaksanakan oleh pimpinan dan seluruh staf yang melaksanakan kegiatan pelayanan di lingkungan Universitas.

Protokol kesehatan wajib dilaksanakan di lingkungan Universitas bukan hanya sebagai bentuk taat kepada peraturan yang diterapkan, namun juga sebagai tindakan preventif untuk menjaga diri sendiri dan orang-orang sekitar yang masih melakukan interaksi atau komunikasi. Fasilitas untuk memenuhi protokol kesehatan ini diwujudkan oleh Pimpinan UCY dengan memberikan masker dan face shield kepada dosen dan staf UCY serta menyediakan fasilitas untuk mencuci tangan. Salah satu fasilitas baru yang diberikan oleh Pimpinan UCY adalah pembuatan tempat cuci tangan otomatis yang dibuat di beberapa titik dalam lingkungan kampus pada Kamis, 25 Juni 2020.

Demi menjaga kesehatan dan kebersihan selama wabah, Rektor UCY Ciptasari Prabawanti, SPsi. MSc., PhD. mengawali penggunaan tempat cuci otomatis di UCY sebagai contoh untuk seluruh staf agar rutin mencuci tangan dengan sabun tanpa menyentuh fasilitas kebersihan yang juga dapat menjadi media penyebaran virus Covid-19. Fasilitas tempat cuci tangan otomatis ini ditempatkan di area pintu masuk Gedung UCY untuk memudahkan staf ataupun mahasiswa yang akan melakukan kegiatan di kampus.

 

 

Melakukan kegiatan di rumah merupakan anjuran yang harus dilakukan di tengah wabah Covid-19, namun kewajiban melakukan pelayanan secara offline tetap dilaksanakan oleh staf UCY untuk memudahkan dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan akademik. Taati protokol kesehatan merupakan kunci utama dalam melakukan pelayanan terbaik oleh seluruh staf. Saling mengingatkan sesama staf, dosen dan mahasiswa juga merupakan kebiasan baik yang terapkan untuk mengurangi resiko penyebaran virus Covid-19 di lingkungan Kampus UCY.