https://tik.ft.unm.ac.id/bni4d/ https://tik.ft.unm.ac.id/shopify/slot888/

FT UCY : Gelar Webinar, Ajak Ciptakan Budaya Zero Accident

By: Admin | Diposkan pada: 01-07-2020

Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) sebagai lembaga pendidikan memiliki peran dalam memberikan fasilitas penunjang bagi kegiatan akademik mahasiswa. Bukan hanya mahasiswa, namun memberikan pengetahuan yang dapat diakses oleh masyarakat secara luas juga menjadi salah satu tugas dari Universitas. Salah satu kegiatan yang terkait dengan hal tersebut adalah diadakannya seminar umum yang secara online yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik (FT) UCY. Memanfaatkan media internet dan aplikasi zoom, FT UCY mengadakan Webinar dengan tema “Sistem Manajemen Keselamatan Kontruksi” pada hari Selasa, 19 Mei 2020.

Peserta yang dapat mengikuti kegiatan webinar ini bukan hanya mahasiswa UCY melainkan masyarakat umum di luar lingkungan Kampus UCY, beberapa diantaranya adalah konsultan perencana, konsultan supervisi, kontraktor, dinas PU, PLN, Guru dan Wiraswasta. Webinar yang diadakan selama kurun waktu 2 (dua) jam ini, diisi oleh 2 pembicara dengan topik pembahasan yang bermanfaat dalam upaya menciptakan keselamatan kerja dan budaya zero accident. Kegiatan webinar ini dimulai pada pukul 10.00 WIB, diawali dengan sambutan dari Dekan FT UCY yaitu Hery Kristiyanto, S.T., M.T. dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh acara oleh Paryanto Rohma, S.Ag., MIP. selaku Wakil Rektor (WR) I. Membuat regulasi sebaik mungkin, menjadikan regulasi tersebut agar dapat dilembagakan, dan bagaiamana proses legalisasi regulasi kelembagaan diungkapkan oleh WR I UCY sebagai faktor penting untuk dapat menciptakan budaya zero accident.

FT UCY bukan hanya menjadi penyelenggara kegitan webinar, namun salah satu dosen dari fakultas tersebut juga menjadi pembicara yaitu Dr. Rossy Armyn Mahfudiyanto, S.T., M.T. dengan topik pembahasan “Conceptual Model Construction Safety Culture”.  Kemudian, pembahasan terkait tema webinar ini dilanjutkan oleh Ir. Abdul Mutholib, M.T. dari PT. Multi Phi Beta - Banten dengan topik “Manajemen Keselamatan Kontruksi pada Konsultan Desain dan Konsultan Supervisi”. Penyampaian 2 topik yang menarik ini dikemas secara ringan namun padat informasi oleh kedua pembicara. Sehingga dengan berbagai latar belakang yang berbeda, peserta dapat mengambil poin-poin penting dan manfaat dari penyampaian topik webinar ini.

Pengetahuan yang diperlukan mahasiswa bukan hanya didapatkan melalui perkuliahan di dalam kelas atau melalui teori yang telah disusun oleh dosen. Sering kali dari sumber yang berbeda, seperti webinar ini pengetahuan mahasiswa dapat lebih berkembang. Selain diisi oleh narasumber yang ahli di bidangnya, melalui sesi tanya jawab yang disediakan juga dapat menambah wawasan peserta yang memiliki pertanyaan bervariasi dari latar belakang dan pengalaman yang berbeda-beda.