https://tik.ft.unm.ac.id/bni4d/ https://tik.ft.unm.ac.id/shopify/slot888/

UCY Selenggarakan Workshop Pengembangan Kurikulum KKNI

By: Admin | Diposkan pada: 04-05-2019

Dalam rangka evaluasi kurikulum tiap 5 tahun, maka UCY menyelenggarakan workshop pengembangan kurikulum perguruan tinggi berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Disampaikan oleh Rektor UCY, Ciptasari Prabawanti, S.Psi., M.Sc. PhD., dalam pembukaan workshop jumat tadi (22/2) bahwa UCY sedang mengembangkan sistem tatakelola, sistem informasi, sistem penjaminan mutu internal dan pembenahan sarana prasarana sebagai pendukung mutu pembelajaran sekaligus persiapan akreditasi instusi PT dan beberapa prodi yang menjelang habis masanya.

Workshop yang diselenggarakan selama 2 hari ini menghadirkan pembicara Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES, DEA, MS, selaku Kepala LLDikti Wilayah 5 Yogyakarta dan Dr. Hisyam Zaini, M.A, selaku Sekretaris Kopertais, diikuti oleh semua pimpinan fakultas, program studi dan unit di lingkungan UCY sebagai peserta.

Dalam kesempatan ini disampaikan oleh Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES, DEA, MS, penyelenggaraan pendidikan tinggi harus mengacu pada UU no 12 /2012, dimana untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam menghadapi globalisasi di segala bidang salah satunya pengembangan Kurikulum KKNI mengacu pada Perpres no 2 tahun 2012 yang harus segera direspon oleh program studi. “Perumusan kurikulum harus mempertimbangkan keunggulan UCY yang tercermin pada profil lulusan. Oleh karenanya universitas harus mempertimbangkan berbagai aspek, baik eksternal maupun internal,  sesuai perkembangan teknologi. Hal ini tentu harus tercermin dalam capaian pembelajaran dan kompetensinya”, demikian penyampaiannya. Ditambahkan, UCY sebagai salah satu kampus tertua di DIY, sudah semestinya meningkatkan kinerjanya, agar kepercayaan publik  meningkat. Oleh karenanya  usulan  penambahan  program studi  baru  harus  benar -benar dipersiapkan dengan baik. Adanya rencana pembukaan prodi baru perencanaan wilayah dan arsitek tentunya perlu dipertimbangkan terhadap perkembangan teknologi global termasuk revolusi industri 4. Dalam workshop ini juga dilibatkan beberapa calon dosen baru untuk turut serta menyusun kurikulumnya yang akan memperkuat  kualitas profil lulusan  yang diharapkan sebagai keunggulan prodi.