https://tik.ft.unm.ac.id/bni4d/ https://tik.ft.unm.ac.id/shopify/slot888/

Kesan Mahasiswa Menjalani PPL II

By: Admin | Diposkan pada: 22-03-2020

PPL ( Praktek Pengalaman Lapangan ) II atau yang sering disebut dengan Magang II merupakan salah satu praktek perkuliahan yang harus diambil oleh setiap mahasiswa yang sudah memenuhi SKS (Sistem Kredit Semester) sesuai dengan persyaratan. Meski pada umumnya tergantung banyaknya jumlah mata kuliah yang sudah ditempuh dengan persentase perolehan IPK telah memenuhi. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah ini, ditiga perempat perjalanan kuliah. PPL II juga sifatnya wajib dan harus di tempuh bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) guna memenuhi syarat kelulusan. Nantinya, dipenilaian PPL akan tercantum pada transkip nilai yang keluar setiap semester sebagai bukti mahasiswa tersebut sudah mengambil mata kuliah PPL II. 

Universitas Cokroaminoto Yogyakarta ditahun ini untuk FKIP mampu menerjunkan 8 mahasiswa PPL II yang ditempatkan di sekolahan tingkat Menengan Pertama (SMP) Bina Jaya Yogyakarta dengan pembagian 7 Mahasiswa Prodi Pendidikan Pancasila dan 1 mahasiswa untuk Prodi Pendidikan Matematika. Dengan seperti itu diharapkan mahasiswa yang sedang PPL mampu menerapkan Ilmu yan selama ini diajarkan di kampusnya. Mulai dari pembuatan RPP, silabus, media pembelajaran dan beberapa materi lain yang diperlukan dalam proses untuk mengajar.

Selain itu, mahasiswa yang diterjunkan di sekolah juga diharapkan mampu menerapkan beberapa kompetensi dasar dalam mengajar seperti kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Semua kompetensi ini harus di kuasai oleh calon guru walaupun dalam pelaksanaannya masih terjadi kekurangan minimal out put-nya setelah praktek mengajar di lapangan akan membawa pengalaman dan mempu menjadi tolak ukur sebelum menjadi guru dikemudian hari.